Spurs dan Pochettino Frustasi di Southampton Meski Kane Tidak

Hugo Lloris menyelamatkan penalti pada menit-menit terakhir dari Pierre-Emerick Aubameyang ketika Tottenham menghindari kekalahan ketiga berturut-turut dan mengklaim hasil imbang 1-1 dengan Arsenal dalam derby London utara, Sabtu.

Arsenal memimpin lebih awal melalui gol yang diambil Aaron Ramsey dengan baik, tetapi penalti Harry Kane yang kontroversial 16 menit sebelum waktunya memastikan Spurs yang berada di posisi ketiga mempertahankan keunggulan empat poin atas The Gunners dalam perjuangan untuk finis di posisi empat besar.

Manchester United dapat menyusul Arsenal dan pindah ke urutan keempat dengan kemenangan atas Southampton di Old Trafford, Sabtu nanti.

Pasukan Unai Emery akan merenungkan kesempatan yang terlewatkan untuk menimbulkan rasa sakit lebih lanjut di sisi Spurs yang telah kehilangan Burnley dan Chelsea dalam seminggu terakhir.

Emery melakukan sejumlah panggilan besar dengan starting line-up-nya dengan Aubameyang turun ke bangku bersama Mesut Ozil meskipun keduanya mencetak gol dalam kemenangan 5-1 Rabu atas Bournemouth.

Alexandre Lacazette alih-alih diserahi tugas untuk memimpin barisan dan pemain Prancis itu membuang peluang besar dalam tiga menit ketika ia memanfaatkan tendangan melebar dengan hanya rekan satu tim internasional Lloris untuk dikalahkan.

Spurs

Lacazette unggul lebih dulu dari Aubameyang dalam urutan kekuasaan Emery berkat permainan link-up superiornya dan itu ditunjukkan di pembuka Arsenal.

Davinson Sanchez salah menilai sundulannya dari bola panjang ke depan dan dengan satu sentuhan Lacazette membuat Ramsey unggul.

Pemain asal Wales itu telah menandatangani kontrak pra-kontrak untuk bergabung dengan Juventus musim depan, tetapi di stadion tempat ia mencetak gol kemenangan di dua final Piala FA untuk The Gunners, ia meninggalkan dukungan Arsenal dengan ingatan lain untuk dihargai dengan membulatkan Lloris yang dingin sebelum memasukkan bola ke dalam jaring kosong.

Spurs mulai seperti tim yang kurang percaya diri, tetapi mereka perlahan-lahan merebut kendali kembali dan hanya bendera offside dan Bernd Leno di gawang Arsenal yang menyangkal mereka menyamakan kedudukan.

Kane mengirim sundulan ke sudut atas dari tendangan bebas Christian Eriksen tetapi dinyatakan offside.

Dua pemain yang sama digabungkan satu menit sebelum jeda karena kali ini umpan Kane memilih Dane yang menembak terlalu dekat dengan Leno yang maju.

Namun, kiper Jerman itu kemudian berhenti untuk membalikkan upaya tindak lanjut Moussa Sissoko.

Lacazette melewatkan peluang besar lainnya di awal periode kedua ketika dia kembali gagal mengenai target di akhir gerakan Arsenal yang sudah dikerjakan dengan baik sebelum dipasangkan dengan Aubameyang tepat sebelum waktu satu jam.

Reaksi mantan striker Lyon untuk digantikan menunjukkan Emery masih memiliki tugas berat untuk membuat kedua bintangnya maju bahagia.

Emery juga memiliki pekerjaan yang harus dilakukan di ujung lain lapangan karena Arsenal tetap tanpa clean sheet jauh dari rumah di Liga Premier musim ini, meskipun ada banyak kontroversi tentang equalizer Spurs.

Shkodran Mustafi bersalah karena mendorong punggung Kane, tetapi kapten Inggris itu seharusnya ditandai offside sebelum wasit Anthony Taylor menunjuk ke titik penalti.

Kane membersihkan dirinya dan mencetak gol ke-22 musim ini.

Arsenal memiliki peluang besar untuk mendaratkan pukulan psikologis yang signifikan ke musim Spurs dan mengamankan kemenangan tandang pertama mereka melawan enam oposisi teratas di Liga Premier sejak Januari 2015 ketika Aubameyang turun di bawah tantangan Sanchez di akhir pertandingan.

Namun, penalti Aubameyang yang buruk diselamatkan oleh Lloris dan Jan Vertonghen menghasilkan tantangan terakhir yang menakjubkan untuk menyangkal striker Gabon itu dalam pertarungan berikutnya.

Arsenal memainkan detik-detik terakhir dengan 10 pemain ketika Lucas Torreira diusir keluar lapangan karena Danny Lone terlambat, tetapi untuk pertama kalinya musim ini Spurs tetap berada di kursi kemudi untuk sepak bola Liga Champions musim depan.